Alamat Redaksi

Cluster Griya Nuansa Bening 1 No 14 Kel. Jatiasi, Kec. Mijen Kota Semarang, Jawa Tengah

Hubungi Kami

Tahukah Anda jika penggunaan software kasir dapat membuat proses pendataan penjualan jauh lebih efisien?

Software kasir bukan hanya menggantikan mesin kasir tradisional, tetapi juga menawarkan berbagai fitur canggih yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan bisnis.

Dengan software ini, Anda dapat melacak penjualan, mengelola inventaris, menganalisis data pelanggan, dan menghasilkan laporan keuangan secara otomatis.

Jika Anda belum mengetahui apa maksudnya, pada pembahasan ini kami akan mengulas informasi tentang jenis, tips memilih hingga contoh yang gratis dan berbayar.

Jenis-jenis Software Kasir

Terdapat beberapa jenis software kasir yang biasa dipakai, antara lain berbasis Cloud, desktop dan Mobile.

Berbasis Cloud apabila bisa diakses melalui internet atau website yang menyimpan data di server yang aman dan terpusat.

Hal ini berarti data akan terlindungi dari kerusakan atau kehilangan yang dapat terjadi pada software ini berbasis desktop.

Sedangkan software berbasis desktop adalah Tools yang diinstal pada komputer yang bisa diandalkan untuk terus beroperasi meskipun koneksi internet terputus.

Data bisnis akan tersimpan dengan aman di komputer, sehingga risiko kebocoran data pun jadi lebih kecil.

Ada lagi yang berbasis Mobile dan dapat diakses melalui Smartphone atau tablet, bisa digunakan dimanapun, kapanpun, sehingga memungkinkan untuk melakukan transaksi penjualan di luar toko.

Software kasir Mobile umumnya memiliki desain antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan untuk melakukan transaksi penjualan.

Manfaat Menggunakan Software Kasir

Setidaknya ada lima manfaat yang akan Anda nikmati ketika menggunakan Software kasir pada toko atau usaha lain yang sedang digeluti, berikut penjelasannya:

  • Meningkatkan efisiensi, artinya dapat mempercepat proses transaksi penjualan, sehingga menghemat waktu dan tenaga kasir;
  • Meningkatkan akurasi dengan kemampuan meminimalisir kesalahan dalam pencatatan transaksi penjualan;
  • Meningkatkan efektivitas dalam menganalisis data penjualan dan membuat strategi bisnis yang lebih efektif;
  • Meningkatkan layanan pelanggan yang lebih baik, seperti dengan menawarkan promo atau diskon pada pelanggan loyal;
  • Menciptakan kesan profesional pada bisnis Anda.

Tips Memilih Software Kasir yang Tepat untuk Bisnis

Saat akan memilih software kasir, pemilik usaha harus mempertimbangkan beberapa hal. Pertimbangan tersebut penting supaya alat yang digunakan sesuai tujuan dan berfungsi optimal. Lebih lanjut, berikut tips memilih software yang tepat untuk bisnis:

  • Sesuaikan dengan Kebutuhan: Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis usaha, misalnya toko elektronik, bengkel, restoran, atau kafe.
  • Cari Tahu Fitur Software: Pilih Software yang punya fitur-fitur penting, seperti apakah butuh fitur pencatatan penjualan, manajemen stok, manajemen pelanggan, laporan penjualan, dan lain sebagainya.
  • Harga: Tetapkan budget yang disediakan dan pilih yang sesuai dengan anggaran yang ada.
  • Pastikan Mudah: Karena setiap Software punya tingkat kemudahan dan kesulitan masing-masing yang harus dikenali lebih dulu.
  • Terintegrasi dengan Sistem Akuntansi: Data transaksi penjualan secara otomatis bisa terhubung ke sistem akuntansi, sehingga tidak perlu mencatat transaksi secara manual.
  • Dapat Terhubung dengan Perangkat Pendukung: Cari yang bisa terhubung dengan printer dan perangkat pendukung lainnya.
Baca Juga: Top 5 Aplikasi untuk UMKM, Omset Bisnis Makin Melesat

Contoh Software Kasir Paling Populer di Indonesia

Berbagai software kasir dengan keunggulannya masing-masing tersedia di pasaran, pilihlah sesuai kebutuhan dan jenis usaha Anda.

Berikut adalah beberapa contoh paling populer di Indonesia yang dapat bisa masuk opsi:

Moka POS

Moka pos kasir untuk kasir
Sumber: Daily Social ID

Aplikasi ini mempunyai fitur pencatatan penjualan, manajemen stok, manajemen pelanggan, laporan penjualan, integrasi dengan sistem akuntansi, dan masih banyak lainnya.

Software kasir ini cocok untuk pelaku usaha dalam bidang toko ritel, restoran, cafe, hingga bengkel. Lebih menariknya lagi software ini mempuyai tampilan antarmuka yang intuitif dan ramah akses.

Fitur yang jadi keunggulannya adalah bisa menerima berbagai metode pembayaran, cetak struk, laporan secara Real-Time, manajemen stok, promo, dan pelanggan.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur operasional toko, seperti terima pesanan online dan kelola karyawan.

Moka POS juga terintegrasi dengan berbagai platform lain seperti Tokopedia, Shopee, dan GrabFood.

Meskipun harga relatif mahal dibandingkan dengan software sejenis lainnya, Moka POS tersedia dalam versi Cloud sekaligus desktop.

Pawoon POS

Sumber: Official Site Pawoon

Software ini mempuya fitur yang hampir mirip dengan Moka POS. Anda bisa menemukan fitur penjualan seperti pencatat transaksi dan pencetak struk.

Fitur pencetak struk pada software ini bisa membuat struk berbentuk hardfile maupun soft file yang secara otomatis masuk ke email.

Pawoon POS juga menyediakan fitur pemantau performa karyawan dan fitur pembuat laporan secara rea-time.

Software ini sangat membantu Anda mengelola outlet hany menggunakan satu aplikasi saja. Anda juga mengintegrasikan software ini dengan aplikasi lain seperti GoFood, Tokopedia, Shopee, dan masih banyak lainnya.

Jenis usaha yang cocok menggunakan Pawoon POS adalah toko retail, restoran, kafe, barbershop, laundry, minimarket, warung makan, toko kelontong, dan masih banyak lagi.

Cocok untuk usaha kecil dan menengah (UKM) karena harganya yang terjangkau dan tersedia dalam versi Cloud dan Mobile.

Olsera POS

software olsera untuk kasir
Sumber: olsera.com

Usaha skala menengah dan kecil sangat cocok menggunakan software ini. Pengguna bisa memilih versi Cloud dan Mobile dari software ini.

Meskipun Olsera POS tidak mempunyai fitur selengkap Moka POS dan Pawoon POS. Akan tetapi, Olsera POS punya fitur untuk memantau barang secara real-time, laporan penjualan lengkap, dan pengukur kinerja karyawan.

Baca Juga: Mengenal Aplikasi Social Proof Marketing Testibox

Fitur yang jadi keunggulannya adalah tersedia berbagai metode pembayaran, pantau stok barang secara real-time, laporan penjualan lengkap, dan ukur kinerja karyawan.

Selain itu, dengan Olsera POS Anda bisa buat sistem manajemen pelanggan dan terhubung dengan Marketplace populer seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada.

Software ini cocok untuk berbagai jenis usaha, contohnya toko Retail (pakaian, elektronik), restoran, kafe, dan usaha jasa seperti salon, bengkel, laundry, dan lain-lain.

Apabila membandingkan dengan software yang ada di daftar ini jelas Olsera POS punya lebih banyak keunggulan.

Sebagi software gratis alat ini sangat menguntungkan pengguna karena penggua bisa mengakses secara gratis, tanpa iklan, dan mendapat pembaruan secara berkala.

Omega POS

omega pos software kasir
Sumber: YouTube Omegasoft – Autopilot Your Business

Punya fitur khusus yang jadi unggulan, seperti cetak struk, diskon dan promo, penerimaan pembayaran multi-jenis, dan laporan penjualan lengkap.

Selain itu, fitur pengelolaan stok barang seperti kategorisasi, penyesuaian harga dan stok, laporan persediaan juga ada.

Omega POS cocok untuk jenis usaha semacam toko retail, kafe, salon, barbershop, minimarket, warung makan, dan masih banyak lagi. Kekurangan ini aplikasi ini terdapat pada harga jualnya yang relatif mahal daripada beberapa rekomendasi software kasir yang ada di daftar ini.

Loyverse POS

software kasir loyverse pos
Sumber: loyverse.com

Tersedia secara gratis dan Open-source, cocok untuk usaha kecil dan menengah.

Loyverse POS menawarkan berbagai fitur gratis yang bermanfaat, antara lain Point of Sale untuk transaksi penjualan yang cepat, kelola stok barang dengan efektif, manajemen karyawan, dan analisis penjualan

Selain itu, ada fitur Restoran & Cafe yang bisa kelola pesanan makan, cetak struk dapur, dan tampilkan pesanan di layar pelanggan.

Sama seperti lainnya, Loyverse POS cocok untuk usaha kecil sampai menengah, tapi akan lebih menguntungkan jika Anda punya usaha restoran atau kafe.

Pengguna bisa menggunakan Loyverse secara gratis, itu yang menjadi keunggulan dari software ini. Tanpa harus membayar pengguna dapat menikmati layanan aplikasi melalui smartphone, tablet, dan komputer.

Software kasir bukan hanya menggantikan mesin tradisional dengan cara konvensional, tetapi juga menawarkan berbagai keunggulan yang dapat membantu meningkatkan efisiensi, akurasi, dan kredibilitas bisnis.

Dengan memilih teknologi software yang tepat, bisnis dapat berkembang dan mencapai tujuan dengan lebih cepat.

Demikian rekomendasi dan tips seputar software kasir yang bisa kami sampaikan, selamat mencoba!


administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *