Alamat Redaksi

Cluster Griya Nuansa Bening 1 No 14 Kel. Jatiasi, Kec. Mijen Kota Semarang, Jawa Tengah

Hubungi Kami

Aplikasi laporan keuangan hadir sebagai solusi cerdas untuk membantu Anda melacak, menganalisis, dan menyajikan kondisi keuangan bisnis secara akurat. Terdapat banyak jenis aplikasi yang bisa memudahkan operasional bisnis Anda.

Apabila Anda bingung harus memilih aplikasi yang mana, pada pembahasan ini kami akan mengulas 4 aplikasi laporan keuangan terbaik 2024 baik yang gratis maupun berbayar.

Aplikasi Laporan Keuangan Berbayar Terbaik 2024

Terdapat dua rekomendasi aplikasi laporan keuangan berbayar yang cocok untuk bisnis berskala kecil, menengah hingga besar. Berikut adalah aplikasi laporan keuangan berbayar terbaik di tahun 2024 yang menjadi favorit banyak:

Jurnal by Mekari

Aplikasi laporan keuangan Mekari
Sumber: YouTube Mekari

Harga: Mulai dari Rp 199.000/bulan

Jurnal by Mekari adalah aplikasi akuntansi online yang membantu mengelola keuangan bisnis dengan mudah, akurat, dan efisien. Aplikasi ini mempunyai teknologi canggih dan menawarkan berbagai fitur unggulan seperti berikut ini:

  • Pencatatan Transaksi Otomatis: Transaksi perusahaan Anda akan tercatat secara otomatis tanpa harus memasukan data secara manual.
  • Pembuatan Faktur dan Kuitansi: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat faktur yang memudahkan pengelolaan transaksi penjualan dan pembayaran.
  • Pelacakan Piutang dan Hutang: Aplikasi ini juga mempunya fitur perlakuan secara real-time untuk memastikan arus kas yang lancar.
  • Pembuatan Laporan Keuangan yang Komprehensif: Fitur aplikasi Mekari yang selanjutnya dapat membuat laporan neraca, laba rugi, dan arus kas. Hal ini sangat membantu untuk dalam mengambil keputusan bisnis.
  • Integrasi dengan E-commerce dan Marketplace: Anda dapat mengintegrasikan aplikasi Jurnal by Mekari dengan akun e-commerce atau marketplace. Fitur ini memudahkan Anda untuk mencatat transaksi dan sinkronisasi data yang ada di toko Online.
  • Penggajian dan Manajemen Karyawan: Aplikasi ini juga punya fitur pengelolaan gaji karyawan, penghitungan upah lembur, dan pemotongan pajak.
  • Akses Multi Pengguna: Fitur ini memungkinkan anggota tim dapat mengakses aplikasi secara bersamaan.

Jurnal by mekari mempunyai beberapa paket pembelian. Setiap paket pembelian aplikasi menyediakan fitur yang berbeda-beda. Untuk informasi lebih lanjut simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

  • Paket Standar: Pembelian paket aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengakses fitur dasar akuntansi dan pelaporan keuangan yang cocok untuk usaha berskala kecil.
  • Paket Pro: Paket pembelian aplikasi yang ini menyediakan fitur penggajian, manajemen stok, dan perpajakan. Paket ini cocok untuk Anda yang mempunyai usaha berskala menengah.
  • Paket Enterprise: Paket pembelian aplikasi yang terakhir mempunyai fitur yang paling lengkap. Mulai dari otomasi alur kerja, analisis bisnis hingga konsultasi pajak. Paket pembelian aplikasi ini cocok untuk digunakan oleh perusahaan yang berskala besar.
Baca Juga: Strategi Digital Marketing yang Cocok untuk UMKM

Zahir Accounting

Aplikasi Zahir Acounting
Sumber: Official Site

Harga: Mulai dari Rp 249.000/bulan

Zahir Accounting merupakan aplikasi akuntansi populer di Indonesia yang menawarkan berbagai fitur untuk membantu Anda mengelola keuangan bisnis secara mudah dan akurat.

Salah satu fitur utama Zahir Accounting adalah kemampuannya untuk menghasilkan laporan keuangan yang komprehensif dan mudah dipahami. Lebih lanjut, simak fitur aplikasi Zahir Accounting berikut ini:

  • Laporan Standar: Fitur pertama ini menyediakan berbagai laporan keuangan, seperti neraca, laba rugi, arus kas, dan perubahan ekuitas.
  • Laporan Multi Perusahaan: Fitur ini bisa Anda pakai untuk mengelola dan memantau laporan keuangan dari berbagai perusahaan atau cabang bisnis menggunakan satu platform saja.
  • Laporan Laba Rugi Berdasarkan Departemen: Fitur pelacakan yang kedua ini berguna untuk melacak kinerja setiap departemen yang ada di perusahaan.
  • Laporan Laba Rugi Berdasarkan Proyek: Fitur ini berguna untuk melacak profit yang perusahaan Anda terima dalam kurun waktu tertentu.
  • Grafik dan Analisis Laporan: Fitur ini dapat membantu Anda memvisualisasikan data keuangan dan memahami tren bisnis.
  • Ekspor Laporan Keuangan: Anda bisa mengekspor laporan keuangan perusahaan dalam format PDF, Excel, dan CSV.

Zahir Accounting menawarkan harga yang sesuai dengan kebutuhan dan skala bisnis yang Anda miliki, berikut penjelasan lengkap paket pembelian aplikasi:

  • Small Business: Paket ini Cocok untuk bisnis kecil dengan fitur dasar akuntansi dan pelaporan keuangan.
  • Flexy Trade: Punya fitur bisnis perdagangan yang lebih lengkap, termasuk persediaan dan manajemen stok barang.
  • Personal: cocok untuk pengusaha perorangan dengan fitur yang lengkap untuk mengelola keuangan pribadi dan bisnis.
  • Standard: cocok untuk bisnis menengah dengan fitur yang lebih lengkap, termasuk penggajian, manajemen aset tetap, dan pajak.
  • Enterprise: cocok untuk bisnis besar dengan fitur terlengkap, termasuk otomasi alur kerja, analisis bisnis, dan konsultan pajak.

Aplikasi Laporan Keuangan Gratis Terbaik 2024

Berikut aplikasi laporan keuangan gratis terbaik di tahun 2024 yang bisa jadi pilihan tepat, terutama bagi Anda yang masih pemula:

BukuWarung

Aplikasi Laporan Keuangan BukuWarung
Sumber: YouTube

BukuWarung merupakan software keuangan yang dirancang untuk pengusaha berskala kecil dan menengah di Indonesia. Aplikasi ini sangat memudahkan pelaku usaha dalam mengelola keuangan bisnis. Aplikasi BukuWarung tersedia secara gratis dan mempunyai beberapa fitur unggulan sebagai berikut:

  • Pencatatan Transaksi: Pencatatan transaksi penjualan, pembelian, dan pengeluaran secara manual dengan mudah dan cepat. Didukung juga dengan pencatatan transaksi otomatis dari Bank, E-commerce, dan POS untuk menghemat waktu dan meminimalisir kesalahan.
  • Pembuatan Faktur: Buat faktur penjualan profesional, lengkap dengan logo dan informasi bisnis dalam hitungan detik. Bisa kirim faktur elektronik kepada pelanggan melalui email atau SMS dan lacak status faktur Anda, apakah sudah terbayar atau belum.
  • Pembuatan Laporan Keuangan: Hasilkan berbagai laporan keuangan komprehensif, seperti neraca, laba rugi, dan arus kas, secara otomatis. Anda juga lebih mudah menganalisis kinerja keuangan dengan mudah menggunakan berbagai laporan keuangan yang tersedia.
  • Manajemen Stok Barang: Catat persediaan barang, pantau pergerakan stok, dan lakukan penyesuaian stok secara berkala. BukuWarung juga bisa hasilkan laporan stok barang untuk mengetahui barang mana yang laku dan mana yang tidak.
  • Fitur Kasir Online: Ubah smartphone atau tablet menjadi kasir online untuk menerima pembayaran dari pelanggan. Cetak struk penjualan dan pantau transaksi kasir secara Real-time.
Baca Juga: Cara Urus Izin Edar Obat Tradisional Sesuai Aturan Terbaru

Fitur lain yang juga tersedia di BukuWarung antara lain sebagai berikut:

  • Penggajian: Kelola gaji karyawan dengan mudah dan akurat.
  • Pajak: Hitung pajak penghasilan dan melaporkan SPT secara elektronik.
  • Akses Multi Pengguna: Berikan akses kepada tim dengan kontrol peran yang sesuai.
  • Otomasi Alur Kerja: Otomatiskan alur kerja bisnis, seperti persetujuan faktur dan pembayaran.

Sribuu

Aplikasi laporan keuangan sribu
Sumber: Official Site

Meskipun aplikasi ini tersedia secara gratis, aplikasi ini menawarkan berbagai fitur lengkap yang dirancang untuk membantu Anda mengelola keuangan bisnis. Berikut ini adalah beberapa fitur yang bisa Anda temukan di aplikasi laporan keuangan ini:

  • Pencatatan transaksi: Aplikasi ini dapat mencatat secara manual secara dan memungkinkan mengklasifikasikan transaksi.
  • Pembuatan Faktur Penjualan: Fitur aplikasi yang kedua ini memungkinkan Anda untuk mengirim faktur elektronik kepada pelanggan melalui email maupun platform komunikasi yang lain.
  • Pembuatan Laporan Keuangan: Aplikasi ini punya fitur yang dapat membuat laporan secara otomatis dengan analisis berdasarkan transaksi keluar dan masuk.
  • Manajemen Stok Barang dengan Mencatat: Fitur ini memungknkan Anda untuk memantau persediaan, pergerak stok, dan melakukan penyesuaian secara berkala.

Sribuu adalah aplikasi laporan keuangan yang fleksibel dan dapat digunakan oleh berbagai jenis bisnis.

Dengan fitur lengkap, mudah digunakan, dan harga Upgrade yang terjangkau, Sribuu dapat bantu meningkatkan profitabilitas dan mencapai kesuksesan bisnis tanpa keluarkan banyak biaya.

Demikian rekomendasi aplikasi laporan keuangan yang bisa kami sampaikan. Aplikasi berbayar seperti Jurnal by Mekari dan Zahir Accounting menawarkan fitur lengkap dan layanan pelanggan baik, namun dengan harga yang relatif mahal.

Sedangkan aplikasi gratis seperti BukuWarung dan Sribuu menawarkan solusi yang lebih murah dan tepat untuk pemula dengan bisnis menengah. Jadi gunakan aplikasi sesuai skal bisnis yang sedang Anda jalankan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *