Alamat Redaksi

Cluster Griya Nuansa Bening 1 No 14 Kel. Jatiasi, Kec. Mijen Kota Semarang, Jawa Tengah

Hubungi Kami

Mika Zevanya Putra Pertiwi adalah pemilik Pertiwi Farm di Grumbul Gede, Kalasan. Peternak bebek sukses ini berhasil pasca mengadopsi sistem beternak kering. Mika terinspirasi dengan konsep beternak ini setelah menonton video YouTube CapCapung.

Tertarik dengan metode beternak tersebut, Mika memutuskan untuk mengunjungi beberapa peternakan di Jogja untuk belajar. Selain tertarik dengan sistem peternakan kering, usaha telur bebek menjadi pilihan Mika karena permintaan telur yang tinggi di Jogja.

Pelanggan tetap Mika merupakan pedagang telur asin, penjual gudeg, dan pedagang martabak yang berjualan di sekitar Jogja. Telur yang Mika jual terbagi kedalam grade A-C yang dibanderol dengan harga Rp1.900 – Rp2.500.

Untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi Mika sekarang memelihara 1300 ekor bebek di lahan seluas 2000 m². Setiap kandang disekat dengan ukuran 1 m² kemudian diisi dengan tiga ekor bebek.

Kepadatan yang tepat menghindari kelembaban yang berlebih karena dapat menyebabkan bau dan sumber penyakit bagi bebek.

Selain menggunakan metode beternak yang modern, Pertiwi Farm juga melakukan pemasaran dengan media sosial. Mika gencar melakukan pemasaran melalui platform Instagram dan situs web.

Pengelolaan Lingkungan dan Keberlanjutan

Pengelolaan Lingkungan dan Keberlanjutan
Sumber: YouTube CupCapung

Hal menarik yang perlu dari Pertiwi Fram adalah aspek kepedulian terhadap lingkungan. Penerapan sistem peternakan bebek kering di Pertiwi Farm merupakan langkah strategis untuk mengurangi dampak lingkungan.

Beternak bebek dengan sistem kering sangat cocok untuk diterapkan di wilayah yang dekat dengan pemukiman. Sebab cara ini dapat meminimalisir bau kotoran bebek.

Kedepan Mika selaku pemilik peternakan Pertiwi Farm akan memanfaatkan kotoran bebek menjadi pupuk organik. Cara ini Mika terapkan untuk meminimalisasi tumpukan limbah dari peternakannya.

Sistem yang ada di Pertiwi Farm sangat memperhatikan keberlanjutan lingkungan. Pertiwi Farm menjadi contoh bagaimana peternakan modern dapat beroperasi secara efisien dan ramah lingkungan.

Baca Juga: Kisah UKM Sukses, Pantang Tumbang Meski Hadapi Krisis Berulang

Mika menunjukkan bahwa peternakan dapat berkontribusi positif terhadap lingkungan sekaligus tetap menguntungkan secara ekonomi.

Rencana Masa Depan dan Ekspansi

Rencana Masa Depan dan Ekspansi Bisnis
Sumber: YouTube CupCapung

Mika memiliki rencana besar untuk masa depan Pertiwi Farm. Salah satu target utamanya adalah meningkatkan populasi bebek untuk memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat. Ia juga berencana untuk memperluas area peternakan dan meningkatkan fasilitas kandang.

Ekspansi tidak hanya terbatas pada jumlah bebek, tetapi juga pada penambahan variasi produk. Terutama untuk produksi berbagai olahan telur bebek, seperti telur asin dan telur pindang. Cara ini akan membuat Pertiwi Farm punya banyak pilihan produk untuk konsumen.

Peternakan bebek petelur kering intensif yang diterapkan di Pertiwi Farm menunjukkan bahwa perawatan yang tepat dapat menghasilkan telur berkualitas tinggi dengan produktivitas yang stabil. Mika Zevanya Putra Pertiwi, sebagai pemilik, terus berinovasi dan berusaha meningkatkan usaha peternakannya.

Potensi Ternak Bebek Untuk Anak Muda

Ternak bebek adalah peluang bisnis menarik bagi anak muda. Meskipun membutuhkan modal besar, hasil dari beternak bebek sangat menjanjikan.

Banyak restoran dan rumah makan yang meminta pasokan telur bebek maupun daging bebek secara rutin. Permintaan daging bebek yang tinggi juga membuka peluang untuk peternak bebek petelur menjual ternak mereka yang sudah tidak produktif lagi.

Selain perawatannya yang tidak terlalu rumit, menemukan pakan bebek bukanlah hal yang sulit. Meskipun harga pakan fluktuatif tetapi ada banyak pilihan alternatif pakan untuk bebek.

Ternak bebek adalah usaha potensial yang cocok untuk anak muda. Modal terjangkau dan pasar luas menjadikannya pilihan menarik. Dengan perawatan yang mudah dan risiko kerugian yang minim, beternak bebek adalah kesempatan emas untuk memulai bisnis dari rumah.

Baca Juga: Pengusaha Muda Sukses, Omset Ratusan Juta dari Modal 1 Juta

Dengan manajemen yang baik, teknologi, dan komitmen terhadap keberlanjutan, Pertiwi Farm menjadi contoh sukses peternakan bebek modern. Mika mengajak anak muda untuk melihat peluang di dunia peternakan, karena sektor ini tidak hanya menguntungkan tetapi juga dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

Bagi yang ingin membeli telur bebek, atau ingin berkunjung ke Pertiwi Farm bisa langsung mengunjungi Pertiwi Farm. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di situs web telur bebekjogja.com atau media sosial Instagram @pertiwi_farm.

Demikian kisah inspiratif dari seorang peternak bebek sukses asal Jogjakarta.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *