Alamat Redaksi

Cluster Griya Nuansa Bening 1 No 14 Kel. Jatiasi, Kec. Mijen Kota Semarang, Jawa Tengah

Hubungi Kami

Kemendagri hadirkan program Indonesia Maju Expo dan Forum 2024 untuk mendukung produk lokal UMKM. Pelaksanaan kegiatan ini didukung oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum).

Pameran ini berlangsung mulai 4-7 Juli 2024 di Assembly Hall Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC). Menurut Togap Simangunsong, Program Kemendagri ini bertujuan untuk mendukung pemulihan ekonomi dengan meningkatkan iklim ekspor.

Selain itu, acara ini juga berfungsi untuk membuka akses informasi dan sarana promosi potensi ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia. “Ini adalah bagian dari ketahanan ekonomi, sosial, dan budaya kita, Ekososbud,” kata Togap dalam keterangannya di Jakarta.

Sejarah dan Tujuan Expo

Mengutip dari antaranews.com Indonesia Maju Expo dan Forum 2024 adalah yang keempat kalinya diadakan. Expo pertama berlangsung secara virtual pada 2021 saat pandemi COVID-19.

Kemudian Expo Kemendagri kedua berlangsung di JCC pada tahun 2022. Selanjutnya pada tahun 2023 pelaksanaan Expo pindah ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

“Tujuan expo pertama kali adalah untuk memulihkan perekonomian Indonesia akibat COVID-19,” ujar Togap sebagaimana dikutip dari Antaranews.

Program ini merupakan wujud implementasi Perpres Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional. Penerbitan Perpres tersebut dilatarbelakangi kondisi ekonomi Indoenesia yang sempat lesu akibat Covid-19.

Program ini didukung oleh Peningkatan Penggunaan Produk dalam Negeri (P3DN) dan UMKM dalam rangka menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Luaran Gernas BBI nanti akan menarik minat masyarakat untuk menggunakan produk dalam negeri. Dengan demikian produk-produk lokal mendapatkan banyak pembeli di negeri sendiri.

Kegiatan ini mencakup procurement network forum, seminar bisnis online dari Omsang, digital marketing class, talkshow terkait ekspor, dan penyakit jantung.

Terdapat 100 peserta pameran yang hadir dari berbagai sektor. Peserta juga ada yang dari kementrian, lembaga pemerintah, BUMD, BUMN, swasta, hingga lembaga non pemerintah termasuk pelaku UMKM.

Baca Juga: Gapai Cuan Ratusan Juta dari Bisnis Parfum Ruangan

Selain itu, acara ini juga menampilkan lomba tari daerah, fashion culture show, Festival Sambal Nusantara, Atraksi K9 dari Badan Narkotika Nasional (BNN).

Acara tersebut juga menghadirkan ceramah Ustadz Hanan Attaki dengan tema “Cinta, Etika, dan Ekonomi Halal: Menginspirasi Bisnis yang Berkah”.

Demikian ulasan singkat terkait program Kemendagri Indonesia Maju Expo dan Forum 2024.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *