Alamat Redaksi

Cluster Griya Nuansa Bening 1 No 14 Kel. Jatiasi, Kec. Mijen Kota Semarang, Jawa Tengah

Hubungi Kami

Sebagai bentuk dukungan dari Kementerian Dalam Negeri untuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Kementerian Dalam Negeri menggelar Indonesia Maju Expo & Forum 2024.

Mengutip dari antaranews.com gelaran Indonesia Maju Expo & Forum 2024 tersebut akan berlangsung mulai tanggal 4-7 Juli 2024 dan bertempat di Jakarta Convention Center (JCC).

Andi Baso Indra menyampaikan bahwa kegiatan ini harapannya dapat menjadi ruang komunikas. Dengan adanya ruang komunikasi antar pengusaha UMKM maka produksi akan semakin meningkat. Sehingga kebutuhan dalam negeri dapat terpenuhi.

“UMKM menjadi pilar penting ekonomi Indonesia sehingga perlu didorong agar naik kelas. Dengan demikian UMKM dapat berkontribusi dalam menyerap tenaga kerja,” pungkasAn di, sebagaimana dikutip dari antaranews.com.

Dia juga menegaskan acara ini sebagai upaya pemerintah dalam mempertemukan produsen dengan konsumen. Melalui Indonesia Expo & Forum 2024 maka akan tercipta hubungan bisnis yang saling menguntungkan.

“Yang terpenting adalah bagaimana mempertemukan produsen dengan konsumen. Upaya pemerintah yaitu menjembatani pebisnis dengan masyarakat yang akan membeli produk,” ujarnya Andi Baso.

Selain itu, Andi menyatakan bahwa kesuksesan acara ini membutuhkan dukungan dari banyak pihak.

Sebab acaara ini adalah ajang yang mempertemukan para pemangku kepentingan untuk berkontribusi menumbuhkan perekonomian melalui seni budaya dan UMKM.

Andi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan Indonesia Maju Expo & Forum 2024.

Andi juga mengajak jajaran pemerintah daerah untuk turut menyukseskan kegiatan tersebut. “Kami berharap pemerintah daerah dapat memberikan dukungan penuh untuk kelancaran acara ini,” tambahnya.

Apa itu Indonesia Maju Expo & Forum 2024?

Indonesia Maju Expo & Forum 2024 adalah acara produk UMKM yang mempertemukan produsen dan konsumen secara langsung. Acara ini diadakan oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Polpum Kemendagri). Tujuan utama dari acara ini adalah untuk mendukung perkembangan UMKM di Indonesia.

Baca Juga: Top 5 Aplikasi untuk UMKM, Omset Bisnis Makin Melesat

Acara ini akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 4-7 Juli 2024. Salah satu kegiatan utama dalam acara ini adalah Forum Nasional Berkelanjutan dengan tema “Hijau Cerdas Membentuk Masa Depan”. Forum ini akan membahas isu-isu penting terkait keberlanjutan dan inovasi hijau dalam bisnis UMKM.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya praktik bisnis yang ramah lingkungan. Selain itu, forum ini juga akan memberikan wawasan tentang bagaimana bisnis UMKM dapat berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan.

Procurement network adalah kegiatan lain yang akan diadakan dalam acara ini. Kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan pelaku UMKM dengan berbagai pihak yang membutuhkan produk dan jasa mereka.

Melalui jaringan pengadaan ini, UMKM dapat memperluas pasar mereka dan meningkatkan penjualan. Hal ini juga merupakan kesempatan bagi UMKM untuk membangun hubungan bisnis yang lebih kuat dan berkelanjutan.

Dalam acara ini juga terdapat coaching clinic yakni sesi pelatihan untuk pelaku UMKM. Sesi ini akan mencakup berbagai topik manajemen bisnis, pemasaran, dan penggunaan teknologi bisnis.

Pelatihan ini harapannya dapat meningkatkan keterampilan para pelaku UMKM sehingga pengelolaan bisnis dapat berlangsung lebih efektif. Dengan begitu para pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan Indonesia Maju Expo & Forum 2024 dapat meningkatkan daya saing produk di pasar.

Selain dua kegiatan tadi akan ada sesi talk show yang merupakan bagian terpenting dalam acara ini. Kegiatan ketiga ini akan mempertemukan narasumber dari berbagai bidang untuk membagikan pengalaman dan pengetahuan mereka.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *